Senin, 17 Mei 2010

PNG - Format Gambar Alternatif dalam Web

Anda tentu tidak asing dengan format gambar bitmap yang dikenal oleh browser yaitu JPG atau JPEG, dan GIF. Keduanya memiliki kemampuan menyimpan gambar dalam ukuran yang kecil (sesuai dengan kebutuhan internet). Hal ini sebagai akibat kemampuan kedua format tersebut dalam mengkompresi.

Sekitar Agustus tahun 1999 - terjadi diskusi panjang tentang penggunaan format GIF di dunia intenet. Betapa tidak ? Unisys, Inco sebagai pemegang hak paten metode kompresi GIF (yaitu LZW Compression) mendadak mengumumkan penarikan biaya sebesar $ 5000 bagi setiap pemilik dan developer situs yang memanfaatkan format gambar GIF.

Seperti yang telah diketahui - semua produsen software yang mendukung format tersebut diwajibkan mebayar kepada perusahaan ini.

Pada saat yang sama, sebuah konsorsium yang terdiri dari berbagai perusahaan digital tengah menemukan sebuah format baru yang disebut PNG (Portable Network Graphics) sebagai jalan lain mengkompresi gambar dengan mencontoh metode LZW. Sayangnya, belum seluruh browser dapat menampilkan format ini tanpa dukungan plug-in (Bila Anda menggunakan Netscape 4.0 ke atas atau MSIE versi 4 on Windows- bersyukurlah!).

Format PNG memiliki keistimewaan untuk menyimpan bermacam-macam kedalaman warna. Serupa dengan GIF - format baru ini tidak mengikis 'informasi' warna dalam gambar seperti yang dilakukan JPG. PNG juga membolehkan 'transparan'.

Pilihan yang umum dalam mengekspor gambar dalam format PNG adalah PNG-8 dan PNG-24. Maksudnya kira-kira mirip dengan pilihan kita ketika mengekspor dalam GIF terdapat pilihan kedalaman 3 (yang artinya 8 warna), 4 (16 warna) atau 8 (256 warna).

Saat ini belum ada bentuk multiframe PNG untuk animasi. Hal yang dapat dilakukan adalah memproses animasi dalam format JPG dengan hasil ukuran file cukup gemuk.

Produsen software image editor yang telah mendukung format PNG yaitu Photoshop versi 5.0 ke atas dan Macromedia Firework. Mengubah format gambar dalam Photoshop cukup dengan menyimpan file sebagai (...save as) png file. Dapat dipilih Adam7 bertujuan untuk memberikan proses render progresif (ukuran file cukup kecil untuk web).

Sampai kini, PNG masih tergolong baru dan masih dalam proses pengembangan. Untuk mendapatkan informasi lebih jauh, tentang masa depan format PNG dan browser apa saja yang mendukung format tersebut, Anda dapat memonitornya dalam www.w3c.org - satu konsorsium sejumlah peneliti dan pakar web yang bergabung untuk meresmikan penggunaan teknologi baru dalam dunia web.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar